Bila anda menemukan link yang rusak/bermasalah. Silakan lapor  DISINI

Do'a menyambut bulan Rajab

Di setiap tahunnya kita sebagai ummat muslim pasti akan bertemu dengan bulan rajab, maka hendaknya kita slalu mengawalinya dengan berdo'a di bulan


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu.. 

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt, semoga rahmat serta karuniaNya slalu tercurah limpahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad saw beserta keluarganya para sahabatnya dan kita semua selaku Ummatnya di akhir zaman. Aamiin yaa rabbal'alaamin.

Di setiap tahunnya kita sebagai ummat muslim pasti akan bertemu dengan bulan rajab, maka hendaknya kita slalu mengawalinya dengan berdo'a di bulan yang penuh rahmat ini. Agar supaya Allah swt memberikan keberkahan dan kesempatan kita bertemu di bulan suci ramadhan. 

Berikut adalah do'a bulan rajab yang bisa diamalkan:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ

Allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballighnaa ramadhoona.

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban, dan sampaikan kami di bulan ramadhan.”

Doa lain di Bulan Rajab yang bisa dipanjatkan yakni:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahlilhu 'alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, Robbii wa Robbukallahu, hilala rusydin wa khoirin.

Artinya: Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi).  

Rajab secara bahasa artinya ‘cucuran rahmat.’ Menurut istilah, rajab adalah bulan ketujuh dari kalender ‘Qamariyah’ dan termasuk salah satu dari empat bulan yang mulia.

Mengenai empat bulan haram itu, Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. at-Taubah/9:36).

Rasulullah Saw bersabda:

أن النبي صلى الله عليه وسلم قال في حجة الوداع: إن الزمان قد استدار كهيئته يوم خلق الله السماوات والأرض، السنة اثنا عشر شهراً، منها أربعة حرم، ثلاث متواليات ذو القعدة وذو الحجة والمحرم، ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان.

“Nabi saw bersabda pada haji wada’ sesungguhnya waktu itu berjalan terus sejak awal penciptaan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan haram (mulia), tiga bulan berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, dzulhijjah dan muharram serta rajab yang berada antara jumadil akhir dan sya’ban.” (HR al-Bukhari)

Bulan Rajab adalah bulan cucuran rahmat Allah Ta’ala kepada umat-Nya. Bulan Rajab adalah bulan “istigfar,” maka perbanyaklah istigfar di bulan ini. bulan Rajab adalah bulan mulia yang banyak keistimewaan di dalamnya.

Wallahu A'lam Bishshawab..

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu. 



Editor : Ano Sukma



Lihat artikel terbaru dan menarik lainnya di Google News
Baca Juga:

Posting Komentar

© AnoSukma.com - Situs informasi pendidikan dan dunia hiburan masa kini. Developed by www.niadi.net | sadamantra