Bila anda menemukan link yang rusak/bermasalah. Silakan lapor  DISINI

6 Bos Besar Perusahaan Teknologi Dunia Yang Berasal Dari India

Selain menjadi pasar besar bagi perusahaan teknologi, India juga mempunyai orang-orang tak kalah hebat menjadi bos besar perusahaan teknologi di dunia
ASC - India iketahui sebagai negara yang kemajuan teknologinya cukup cepat, malahan, India sering kali menjadi pasar yang besar bagi sejumlah perusahaan teknologi dunia.

Selain dari menjadi pasar yang besar bagi banyak perusahaan teknologi dalam menjajakan produknya, India juga mempunyai orang-orang yang tak kalah hebat dalam menduduki jabatan tertinggi di sebuah raksasa perusahaan teknologi dunia.

Tidak sedikit petinggi-petinggi perusahaan teknologi besar di dunia ini dan telah diketahui oleh masyarakat luas, bahwa para bos besar perusahaan teknologi di dunia itu berasal dari negara yang lazim dijuluki sebagai "Anak Benua" itu. Lantas, siapa saja mereka?

1. CEO Twitter, Parag Agrawal

CEO Twitter Parag Agrawal - Bos Besar Perusahaan Teknologi Dunia Yang Berasal Dari India
Bos teknologi yang terkini yaitu Parag Agrawal yang menggantikan Jack Dorsey sebagai CEO Twitter. Jack Dorsey baru saja mewariskan jabatannya terhadap kerabatnya yang merupakan keturunan India, yaitu Parag Agrawal.

Ini artinya, Agrawal, yang sebelumnya adalah eks Chief Technology Officer (CTO) Twitter semenjak 2017 itu, menambah daftar orang asal India yang memimpin pelbagai perusahaan teknologi besar di dunia.

Agrawal sendiri lahir di Mumbai, India sekitar tahun 1984 dan bergabung ke Twitter pada 2011 lalu. Dia merupakan alumni S1 dari Institut Teknologi Bombay, India, dan S2 serta PhD dari Universitas Stanford, AS.

2. CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai

CEO Alphabet dan Google Sundar Pichai - Bos Besar Perusahaan Teknologi Dunia Yang Berasal Dari India
Selanjutnya adalah Sundar Pichai diandalkan menjadi CEO Google semenjak 2015 lalu. Pria kelahiran Madras, India, 10 Juni 1972 ini adalah alumni S1 Institut Teknologi Kharagpur, India, S2 dari Universitas Stanford, AS, dan MBA dari Universitas Pennsylvania (Warton School), AS.

Posisi CEO Google diberikan kepada Pichai pada 2015 lalu sesudah salah satu pendiri Google, Larry Page, naik jabatan menjadi CEO Alphabet.

Kemudian pada Desember 2019, lewat sebuah surat yang dipublikasi pada blog resmi perusahaan, pendiri Google Larry Page mengungkapkan mundur dari jabatannya sebagai CEO Alphabet.

Dengan demikian, Sundar Pichai yang sebelumnya sudah menjabat sebagai CEO Google juga merangkap sebagai CEO Alphabet, perusahaan induk Google yang didirikan pada 2015 itu.

Pichai sendiri bergabung ke Google pada 2004 lalu. Sebelum menjadi CEO, Pichai pernah menjabat sebagian posisi strategis di Google seperti Product Manager untuk aneka software Google seperti browser Chrome, Drive, Gmail, Maps, dan lain sebagainya.

3. CEO Microsoft, Satya Nadella

CEO Microsoft Satya Nadella - Bos Besar Perusahaan Teknologi Dunia Yang Berasal Dari India
Satya Nadella ditunjuk menjadi CEO Microsoft semenjak 2014 lalu, menggantikan Steve Ballmer yang telah menduduki posisi hal yang demikian selama 15 tahun terakhir.

Pria kelahiran Hyderabad (sekarang Telangana), India 19 Agustus 1967 ini adalah alumni S1 Institut Teknologi Manipal, India, S2 dari Universitas Wisconsin, AS, dan MBA di Universitas Chicago, AS.

Satya sendiri bergabung ke Microsoft semenjak 1992 lalu. Sebelumnya, dia sempat menduduki posisi wakil presiden eksekutif Cloud and Enterprise Microsoft, sampai SVP untuk riset dan pengembangan beragam produk Microsoft.

4. CEO Adobe, Shantanu Narayen

CEO Adobe Shantanu Narayen - Bos Besar Perusahaan Teknologi Dunia Yang Berasal Dari India
Shantanu Narayen sudah menjabat posisi CEO Adobe semenjak 2007 lalu, menggantikan Bruce Chizen yang sudah menjabat posisi itu selama tujuh tahun terakhir.

Pria kelahiran 27 Mei 1963 ini lahir di kota yang sama dengan Nadella, yakni di Hyberabad, India. Dia adalah alumni S1 dari Universitas Osmania, India, S2 dari Universitas Negeri Bowling Green, AS, dan MBA dari Universitas California Berkeley.

Narayen sendiri bergabung ke Adobe semenjak 1998 lalu. Kala itu, dia menduduki posisi SVP pengembangan produk, dan sempat menbajat sebagai Chief Operating Officer (COO) pada 2005 lalu.

5. CEO IBM, Arvind Krishna

CEO IBM Arvind Krishna - Bos Besar Perusahaan Teknologi Dunia Yang Berasal Dari India
Arvind Krishna ditunjuk sebagai CEO IBM pada 2020 lalu, menggantikan Ginni Rometty. Rometty sendiri sudah menjabat sebagai CEO IBM selama delapan tahun. Pria kelahiran Godavari Barat, India 1962 ini adalah alumni S1 Institut Teknologi Kanpur, India, dan PhD dari Universitas Illinois, AS.

Dia bergabung dengan IBM pada 1990 lalu. Semenjak itu, dia menduduki pelbagai posisi penting di perusahaan teknologi itu, termasuk sebagai SVP Cloud and Cognitive Software di divisi riset IBM.

6. CEO Vimeo, Anjali Sud

CEO Vimeo Anjali Sud - Bos Besar Perusahaan Teknologi Dunia Yang Berasal Dari India
Anjali Sud diandalkan sebagai CEO platform berbagi video populer Vimeo semenjak 2017 lalu. Wanita ini sebetulnya lahir di Detroit, AS pada 13 Agustus 1983 lalu. Tetapi, dia adalah keturunan India sebab orang tuanya adalah warga pendatang di AS yang memang berasal dari India.

Anjali adalah alumni S1 dari Universitas Pennsylvania (Wharton School), AS, serta MBA dari Harvard Business School, AS. Anjali sendiri bergabung dengan Vimeo semenjak 2014 lalu dan sempat menjabat posisi sebagai General Manager Vimeo di bidang pemasaran.

Bos Besar lainnya dari India

Sebetulnya, selain dari 6 nama bos besar perusahaan teknologi dunia seperti Agrawal, Pichai, Nadella, Narayen, Arvnd, dan Anjali, masih banyak sejumlah perusahaan teknologi-teknologi besar lainnya yang pucuk pimpinannya dipegang sosok keturunan India.

Sebagian di antaranya ialah seperti Jayshree Ullal (CEO Arista Networks), Revathi Advaithi (CEO Flex), Nikesh Arora (CEO Palo Alto Networks), Sanjay Mehrotra (CEO Micron Technology), dan Grorge Kurian (CEO NetApp). Ada pula Aneel Bhusri (CEO Workday), Aman Bhutani (CEO GoDaddy), Steve Sanghi (CEO Microchip Technology), dan juga mungkin masih banyak lagi yang lainnya.

Maka, dengan banyaknya orang India yang menjabat posisi sebagai CEO di pelbagai perusahaan teknologi besar di dunia ini, dan ditambah dengan Agrawal tadi, bukan tak mungkin sosok yang berasal dari negeri Bollywood lainnya akan bertambah menjadi para pemimpin perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia di masa mendatang.

Itulah 6 bos besar pemimpin perusahaan-perusahaan teknologi di dunia yang ternyata berasal dari India.
Lihat artikel terbaru dan menarik lainnya di Google News
Baca Juga:

Posting Komentar

© AnoSukma.com - Situs informasi pendidikan dan dunia hiburan masa kini. Developed by www.niadi.net | sadamantra