Mengenal Shortlink dan Safelink: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Mengenal Shortlink dan Safelink: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Blog didefinisikan sebagai situs web yang dikelola oleh beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, pengamatan, dan pendapat penulis. Seringkali blog dilengkapi dengan gambar atau tautan ke situs web lain. 

Sekarang di internet, banyak orang telah menjadi blogger dengan konten yang kreatif dan menarik. Bagi pengguna blog, istilah dalam dunia blog seperti shortlink dan safelink tentu sudah tidak asing lagi. Namun lain halnya dengan orang awam yang belum begitu paham tentang blog. Ada syarat dan cara agar blog lebih menarik dan banyak dikunjungi pengguna internet.

Fungsi keduanya sama, yang membedakan hanyalah cara kerja website. Tautan pendek adalah versi url yang disederhanakan yang bisa Anda dapatkan untuk distribusi konten online. Nantinya, url yang panjang bisa dipersingkat agar rapi diposting di halaman media sosial mana pun. 

Penyingkat url generik seperti tinyurl dapat mengonversi tautan dengan kombinasi huruf dan angka. Safelink dapat memudahkan pengguna karena nantinya tidak perlu membuat url terbaru untuk setiap link tujuan. Sedangkan shortlink masih membutuhkan url secara manual satu persatu.

Untuk mengetahui perbedaan keduanya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu secara detail apa itu, apa fungsinya dan lain sebagainya. Di bawah ini akan dijelaskan pengertian, fungsi, manfaat, cara kerja dari short link dan safelink. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik maka bacalah penjelasan di bawah ini untuk menambah pengetahuan Anda tentang shortlink dan safelink.

Memahami Shortlink dan Safelink

Shortlink adalah layanan yang digunakan blogger untuk mempersingkat URL agar memudahkan orang untuk mengingat URL panjang atau link blog yang bersangkutan. Namun, penggunaan shortlink ini tidak hanya menyediakan fungsi pemendekan URL, tetapi ternyata juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan uang. Ada teknik pemendek URL yang merupakan teknik yang ada di World Wide Web dimana Uniform Resource Locator (URL) dapat dibuat secara substansial lebih pendek dan tentu saja tetap mengarahkan ke halaman yang diperlukan. 

Memang banyak sekali website yang menyediakan layanan shortlink atau istilah URL yang lebih pendek seperti adf.ly, shorte.st, bit.ly dan lain sebagainya. Cara kerja shortlink awal tentunya pengguna harus memiliki URL asli dari blog yang ingin dipersingkat. Setelah itu pengguna memilih salah satu jenis situs shortlink seperti adf.ly atau mungkin jenis lainnya. Setelah menggunakan adf.ly, link panjang asli bisa lebih pendek dan lebih praktis.

Safelink adalah situs web yang dibuat untuk mengarahkan pengguna dari situs awal ke situs web tujuan. Safelink dapat memudahkan Anda karena Anda tidak harus selalu membuat URL baru untuk setiap link tujuan. Sedangkan dengan shortlink, Anda masih perlu membuat URL satu per satu secara manual. Anda tidak perlu memasukkan URL kata sandi ke dalam layanan tetapi cukup instal skrip yang ditempatkan secara otomatis di widget. Setiap URL baru akan dimuat di safelink. 

Pengguna juga tidak perlu membuka link pendek seperti shortlink tetapi cukup menggunakan link asli. Pada awalnya 'safelink blogger' memberikan kemudahan dalam memperpendek link/url yang panjang. Namun seiring berkembangnya teknologi, layanan Safelink Blogger (SB) dijadikan sebagai tempat untuk menghasilkan pundi-pundi dolar. Di antara layanan yang diberikan oleh safelink blogger adalah sistem pembayaran Cost Per Miles (CPM) kepada penggunanya.

Manfaat Menggunakan Shortlink dan Safelink

Setelah mengetahui arti dari shortlink dan safelink anda perlu mengetahui tentang manfaat menggunakan kedua teknik tersebut. Manfaat yang didapat sangat banyak selain bisa menghasilkan uang melalui teknik tersebut. Berikut manfaat shortlink dan safelink yang bisa Anda ketahui:

Manfaat menggunakan Shortlink:

  • Buat URL lebih pendek
  • Melacak jumlah klik ke tautan langsung
  • Dapatkan penghasilan tambahan
  • Menyembunyikan link affiliasi agar tidak muncul sepeser pun/spam
  • Lindungi tautan asli agar tidak diblokir oleh sistem media sosial karena dianggap spam

Manfaat Menggunakan Safelink

  • Meskipun tidak berbayar, safelink memungkinkan pengguna untuk menempatkan iklan adsense mandiri di halaman situs. Artinya jika website atau blog sudah menggunakan adsense, maka situs safelink dapat memposting id iklan yang sama. Secara tidak langsung, Anda akan mendapatkan penghasilan adsense dua kali lipat.
  • Jika halaman shortlink terlihat sangat mengganggu (popup ads, popunders, floating, shadowbox dll) maka halaman safelink terlihat seperti halaman konten biasa yang dilengkapi dengan tombol "continue"
  • Pendapatan dari iklan yang dipasang di halaman safelink lebih transparan karena bisa dipantau langsung dari dashboard akun
  • Safelink memiliki url yang juga dapat dipersingkat, ada banyak plugin untuk mengotomatiskan pembuatan halaman safelink
  • Penggunaan halaman safelink menghemat waktu, tenaga dan pikiran. Bayangkan Anda sedang mengelola sebuah blog bajakan ilegal yang menyediakan 10 link download untuk setiap posting, jika menggunakan shortlink akan melelahkan untuk mempersingkat url satu per satu.

Cara Kerja Shortlink dan Safelink

Shortlink atau pemendek url sangat mudah digunakan oleh pengguna, karena Anda tidak membayar apa pun, melainkan Anda mendapatkan uang. Namun, kekurangan dari shortlink ini adalah, Jika ingin mempersingkat url, Anda harus memasukkannya satu per satu ke situs pemendek url. Sedangkan safelink cukup sulit dan membutuhkan biaya yang lumayan, mulai dari domain (bisa juga subdomain), hosting (bisa juga menggunakan blogger) beserta script-script yang harus digunakan dalam struktur hosting. 

Kemudahan yang ditawarkan dari safelink adalah, Anda tidak perlu membuat setiap url aktif baru di blog Anda. Cukup dengan satu instalasi script yang ditempatkan di widget, setiap url keluar akan diarahkan ke situs safelink Anda. Jadi, jika Anda memiliki blog unduhan, Anda cukup meletakkan tautan unduhan asli di artikel.

Berikut cara kerja shortlink dan safelink:

Cara kerja situs pemendekan url atau shortlink adalah

  • Anda membuat url baru di situs pemendekan url
  • Anda memasukkan url singkat ke dalam artikel
  • Pembaca klik
  • Pembaca diarahkan ke situs web yang berisi iklan yang berasal dari situs pemendekan url sebelumnya
  • Pembaca menunggu 5 detik (biasanya) dan klik lewati iklan
  • Akan ada 2 pop up yang muncul yaitu popcash dan poptm
  • Setelah menutup pop up, Anda akan diarahkan ke situs tujuan
  • Pembaca mendapatkan apa yang mereka cari
  • Cara kerja safelink
  • Anda mengambil url situs tujuan (url asli)
  • Letakkan url situs tujuan (url asli)
  • Pembaca mengklik url tujuan (url asli)
  • Pembaca secara otomatis mengarahkan ulang ke tautan aman pemilik blog
  • Pembaca diberikan tautan tindak lanjut ke situs asli
  • Pembaca mendapatkan apa yang mereka cari

Kesimpulan dan Penutup

Di balik semua kelebihan dan manfaat yang dijelaskan di atas, sebenarnya ada kekurangan dari kedua teknik tersebut. Meskipun ada banyak keuntungan menggunakan shortlink, tampaknya ada beberapa kerugian yang harus diperhatikan juga. Seperti beberapa blogger berpendapat bahwa menggunakan shortlink membuat akses URL yang diklik terasa lebih lambat.

Itu karena pengunjung akan mengakses situs shortlink terlebih dahulu, kemudian secara otomatis akan diarahkan ke link aslinya. Proses ini diyakini akan membuat akses website menjadi lebih lambat. Belum lagi jika situs shortlink mengalami masalah, bisa dipastikan pengunjung tidak akan bisa mengakses URL singkatan tersebut untuk menuju ke link aslinya. Jika kekurangan dari safelink adalah menggunakan safelink tentunya tidak gratis, karena anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk hosting, domain dan lain sebagainya. Menggunakan safelink juga diyakini rawan dibanned oleh Google Adsense. Hal ini dikarenakan menempatkan iklan di safelink dianggap melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Google.

Shortlink dan safelink memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu bisa memilih salah satu opsinya, baik itu shortlink maupun Safelink. Jika Anda merasa ingin mencoba menggunakan shortlink maka jangan ragu dan sebaliknya. Misal mau yang gratisan pakai shortlink tapi agak susah karena inputnya harus manual. Sedangkan jika ingin membayar dan lebih hemat maka bisa menggunakan safelink. Dengan catatan, memiliki resiko terbesar terkena banned dari akun Adsense.

Jika Anda ingin menggunakan Shortlink dan Safelink bersama-sama secara gratis dan tanpa iklan yang mengganggu, silakan kunjungi halaman di situs ini untuk mencobanya. Kami menyediakan Shortlink dan Safelink atau keduanya sekaligus!

Lihat artikel terbaru dan menarik lainnya di Google News
Baca Juga:

Posting Komentar

© AnoSukma.com - Situs informasi pendidikan dan dunia hiburan masa kini. Developed by www.niadi.net | sadamantra