Bila anda menemukan link yang rusak/bermasalah. Silakan lapor  DISINI

Ini Tips dari BI Jika Anda Telanjur Klik Penipuan Bermodus File APK

Modus penipuan link APK ini bisa berupa undangan pernikahan, undangan buka puasa, ajakan sedekah, resi paket, surat tilang, pesanan belanja online dll
Ini Tips dari BI Jika Anda Telanjur Klik Penipuan Bermodus File APK
ASC — Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, modus penipuan semakin beragam, salah satunya melalui link APK maupun file PDF.

Modus penipuan link APK ini bisa berupa undangan pernikahan, undangan buka puasa, ajakan sedekah, resi paket, surat tilang, pesanan belanja online, dan lainnya.

Biasanya, penipu mengirimkan pesan dilengkapi dengan tautan undangan tersebut. Hal ini bisa membuat seseorang tanpa pikir panjang langsung mengklik tautan itu.

Dengan mengklik tautan tersebut, artinya seseorang mengunduh APK penipuan yang mengincar saldo korban.

Bagi Anda yang sudah telanjur klik tautan APK, dapat melakukan sejumlah hal untuk meminimalkan risiko dan mengamankan data pribadi. Apa saja?

Tips saat telanjur klik APK

Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia (BI), setidaknya ada lima hal yang bisa dilakukan saat seseorang telanjur mengklik file APK sebagai berikut:

1. Matikan Akses Internet

Setelah mengklik file APK, Anda dapat segera mematikan data seluler maupun Wi-Fi untuk menghentikan malware yang mungkin terkandung dalam APK tersebut.

Hal ini akan mencegah malware mencuri data pribadi Anda atau menyebar ke perangkat lain.

2. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Anda dapat seger menghapus aplikasi mencurigakan dengan cara membuka menu pengaturan, pilih "Aplikasi", temukan dan hapus aplikasi yang baru saja di-instal setelah mengeklik APK penipuan.

3. Hubungi Pihak Bank

Anda bisa melaporkan kejadian kepada bank sesegera mungkin. Pihak bank dapat membantu memblokir kartu ATM atau rekening Anda dan mengambil langkah-langkah pengamanan lebih lanjut.

4. Ganti Password

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengklik file APK, bisa segera mengubah password akun bank, email, media sosial, dan akun lainnya yang terhubung dengan data pribadi.

Anda bisa menggunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun yang dimiliki.

5. Lakukan Factory Reset Jika Diperlukan

Jika masih ragu, Anda bisa memilih untuk melakukan factory reset (setelan pabrik) gawai atau mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Sebelum melakukan factory reset perangkat, Anda bisa mem-backup data-data penting terlebih dahulu.

Factory reset akan membantu menghilangkan seluruh malware yang mungkin telah terinstal setelah Anda mengklik file APK.

Modus Penipuan

Modus penipuan akan semakin banyak terjadi saat periode tertentu, termasuk ketika Ramadhan dan Lebaran. Ada sejumlah modus penipuan saat Ramadhan dan Lebaran seperti:
  • Undangan buka puasa bersama: Penipu mengirimkan link yang mengatasnamakan organisasi atau komunitas tertentu untuk mengundang buka puasa bersama
  • Undangan minta maaf: Penipu mengirimkan link yang mengatasnamakan orang yang ingin meminta maaf atas kesalahannya dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri
  • Penawaran zakat dan sedekah: Penipu menawarkan program zakat dan sedekah dengan iming-iming berbagi.
Bank Indonesia mengimbau masyarakat lebih waspada dan tidak mudah tergiur tawaran yang tidak masuk akal.

Saat mendapatkan undangan tertentu, jangan langsung klik melainkan lakukan verifikasi dengan menghubungi langsung organisasi atau orang yang mengaku mengirim pesan.

Anda harus tetap menjaga kerahasiaan data pribadi, dengan tidak membagikan PIN, password, OTP, atau data lainnya kepada siapa pun.

Jika menerima kiriman pesan file APK di dalam grup pertemanan, segera hapus pesan yang diterima dan minta admin segera mengeluarkan pengirim pesan tersebut. (kmps)
Lihat artikel terbaru dan menarik lainnya di Google News
Baca Juga:

Posting Komentar

© AnoSukma.com - Situs informasi pendidikan dan dunia hiburan masa kini. Developed by www.niadi.net | sadamantra