Bila anda menemukan link yang rusak/bermasalah. Silakan lapor  DISINI

Ini 5 Fakta Menarik dari Game Snakes yang Melegenda dan Abadi

Snakes, yang dimaksud bukan permainan papan ular tangga, ya. Namun, sebuah video game yang ada sejak handphone masih hitam putih. Atau juga yang seri
ASC - Snakes, yang dimaksud bukan permainan papan ular tangga, ya. Namun, sebuah video game yang ada sejak handphone masih hitam putih. Atau juga yang sering disebut dengan handphone sejuta umat, Nokia. Ingat?

Ini 5 Fakta Menarik dari Game Snakes yang Melegenda dan Abadi

Iya, game dengan cara bermain sederhana, hanya dengan menggerakkan ular untuk memakan titik-titik alias makanannya. Supaya bisa tumbuh menjadi ular yang panjang. Namun, bila semakin panjang akan menyusahkan pemain dalam mengendalikan si ular agar tak memakan tubuhnya sendiri. Maupun menabrak pembatasnya.

Nah, kalau sudah ingat, yuk, bernostalgia dengan game yang melegenda nan abadi ini. Karena ada 5 fakta menarik mengenai gim Snakes yang patut kamu tahu. Berikut AnoSukma.com rangkum untuk Anda, checkout!

1. Snakes pertama kali muncul di Nokia 6110



Kita sudah tahu kalau game Snakes selalu muncul dalam seri handphone Nokia. Namun, sejak seri apa? Kamu tahu?

Snakes pertama kali dirilis di handphone Nokia seri 6110 pada tahun 1997 yang dikembangkan oleh Taneli Armanto. Sebelum menggunakan Snakes, beliau mencoba menggunakan Tetris untuk game di handphone tersebut. Karena sederhana dan cocok dimainkan dengan tombol terbatas. Bahkan beliau telah mengujinya.

Namun, perusahaan dari Tetris meminta persyaratan bahwa Nokia harus membayar dengan sistem per item handphone yang terjual. Hal inilah yang membuat Nokia mengurungkan menggunakan game tersebut. Alhasil Taneli Armanto pun mencari game lain yang bisa dimainkan dengan tombol sederhana. Lantas jadilah game Snakes ini.

2. Snakes bukanlah yang pertama menggunakan konsep game ini



Ternyata game seperti Snakes bukanlah yang pertama, lho. Sebelumnya ada game genre arcade yang lebih dulu menggunakan konsep ini, namanya Blockade.

Blockade merupakan game yang dimainkan oleh dua orang. Rilis pada tahun 1976 oleh pengembang Gremlin. Permainan ini memiliki visual yang sama dengan ular di Snakes. Namun, bedanya ada dua ular. Lalu cara bermainnya dengan menjebak ular yang dimainkan teman agar menabrak tembok atau garis.

3. Ada versi komputer yang dibuat oleh Peter Trefonas



Selain dalam bentuk mobile dan game konsol, konsep permainan Snakes pernah dibuat juga dalam versi PC. Versi ini rilis pada tahun 1978 pada majalah CLOAD, diprogram oleh Peter Trefonas untuk komputer TRS-80. Karena beliau terpesona pada kode-kode angka, logika, dan grafik dalam komputer.

Yang mana tak lama kemudian, dirilis pada komputer Commodore PET dan Apple II oleh Peter. Selain suka dengan perhitungan kode-kode komputer, beliau juga menyukai kimia. Melansir dari C&EN, sejak kecil Peter Trefonas menyukai sains. Beliau mengagumi acara TV Star Trek.

Oleh karena itu, ia lebih memilih fokus pada studinya di Universitas New Orleans dalam bidang kimia. Bila dibandingkan dengan menekuni dunia pemrograman game yang telah memberinya keuntungan finansial. Hal ini juga didasari oleh pikiran beliau yang lebih memikirkan manfaat dirinya bagi manusia bila tetap di jalur kimia.

4. Snake EX adalah seri pertama yang punya grafik menonjol



Setelah kemunculannya di Nokia 6110, game Snakes terus berkembang, seiring dengan berkembangnya handphone Nokia. Mulai dari Nokia yang hanya hitam-putih. Sampai pada Nokia berwarna yang dirilis pada tahun 2002. Yang mana Nokia meluncurkan seri 9290 Communicator dengan game Snake EX.

Snake Ex, berevolusi cukup baik. Grafik yang menonjol dengan ular berwarna hijau. Bentuk makanannya tidak lagi hanya bulat seperti pelet ikan. Namun, ada juga yang berbentuk gambar serangga. Selain itu, dalam versi ini, Snakes EX bisa dimainkan dengan multiplayer melalui sambungan bluetooth.

5. Pada tahun 2015 Taneli Armanto merilis Snake Rewind



Permainan video Snakes telah membawa Taneli Armanto ke puncak popularitas. Melansir dari laman Windows Blog, pada tahun 2005 beliau menerima penghargaan khusus dari Mobile Entertainment Forum (MEF). Sebagai tanda kontribusinya di dalam pertumbuhan industri hiburan seluler.

Seiring era jatuhnya Nokia dan berkembangnya dunia mobile hingga sekarang ini. Ternyata Taneli Armanto juga sempat membuat game Snakes untuk iOS dan Android, lho. Yang mana game tersebut dirilis pada tanggal 13 Mei 2015 dengan nama Snake Rewind.

Game ini diusung Taneli Armanto dengan pengembang game asal Finlandia, Rumilus Design. Menawarkan game berwarna, namun dengan gambar ular yang sangat klasik. Seperti ular pada game Snakes yang pertama kali rilis di Nokia 6110. Sehingga hal ini akan memberikan sensasi nostalgia, tapi dengan game yang sudah upgrade.

Tidak hanya mengandalkan cara bermain dengan menggerakkan ular untuk makan agar bisa menjadi panjang dan cepat. Snake Rewind, juga menawarkan fitur menarik lainnya. Seperti memberikan ability khusus pada ular jika memakan buah tertentu. Pun memberikan pilihan untuk mengulang kembali beberapa detik sebelum game over dengan cara menukar buah yang telah didapatkan.

Snake Rewind memiliki 12 level. Di mana dalam setiap levelnya memiliki misi tertentu. Game ini juga bisa disambungkan ke sosial media. Jadi pemain bisa berlomba juga dengan teman untuk menjadi yang nomor satu di leaderboard.

Itulah 5 fakta menarik mengenai game Snakes yang menjadi legenda dan masih abadi hingga kini. Apa kamu sudah tahu mengenai fakta ini?
Lihat artikel terbaru dan menarik lainnya di Google News
Baca Juga:

Posting Komentar

© AnoSukma.com - Situs informasi pendidikan dan dunia hiburan masa kini. Developed by www.niadi.net | sadamantra